Cara Mengatur Keuangan dengan Bijak

Tidak sedikit orang yang dulunya bergelimang harta, pendapatan besar, gampang cari duit, penghasilan dimana-mana tapi tidak memiliki tabungan bahkan bankrut dan jatuh miskin. Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan dan literasi keuangan.

Cara Mengatur Keuangan

Pada artikel ini saya mencatat beberapa tips cara mengatur keuangan dengan baik agar kamu terhindar seperti masalah tersebut di atas.

  1. Buat Rincian Pendapatan dan Pengeluaran
  2. Cara pertama yang kamu lakukan yakni membuat catatan pendapatan dan pengeluaran.

    Catat semua pendapatan kamu baik dari gaji, komisi, usaha, dan pendapatan dari sumber-sumber lain.

    Selanjutnya membuat rincian pengeluaran. Silakan buat catatan rincian pengeluaran kamu menggunakan aplikasi pencatat keuangan. Rinci semua pengeluaran kamu sekecil apapun jumlahnya.

  3. Evaluasi Kondisi Keuangan
  4. Untuk memahami dan memprediksi kondisi keuangan Anda saat ini dan masa depan maka dianggap penting untuk mengevaluasi keuangan Anda.

    Manfaatnya adalah Anda dapat melacak sejauh mana kemajuan Anda, mengidentifikasi apa saja yang perlu diperbaiki sehingga mudah membuat keputusan keuangan dengan lebih baik, hati dan pikiran Andapun menjadi tenang.

  5. Prioritaskan Kebutuhan
  6. Prioritaskan Kebutuhan anda dari pada keinginan anda. Jika Anda lebih mementingkan keinginan dari pada kebutuhan maka kemungkinan besar Anda akan menghadapi berbagai masalah keuangan. Karena kebutuhan sifatnya terbatas sedangkan keinginan tidak.

  7. Lunasi Hutang
  8. Jika Anda punya hutang baiknya anda melunasinya atau membayar setiap bulannya untuk menghindari denda yang lebih besar.

  9. Siapkan Dana Darurat
  10. Setiap orang diwajibkan memiliki dana darurat terutama bagi Anda sudah berkeluarga. Menyiapkan dana darurat adalah sala satu upaya agar Anda terhindar dari hutang.

  11. Tabung dan Investasikan uang Anda
  12. Jika uang Anda masih tersisa maka sisipkan untuk di tabung atau diinvestasikan di beberapa instrumen investasi yang Anda pahami.

Itulah beberapa tips mengelola keuangan yang bisa saya bagikan. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Ulfan R. Ake
Ulfan R. Ake Facebook : fb.com/ulfanake

Posting Komentar untuk "Cara Mengatur Keuangan dengan Bijak"